Gerakan PBLHS merupakan gerakan pembiasaan berbasis lingkungan hidup di sekolah. 

Gerakan ini bertujuan untuk mewujudkan perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan juga untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Sejak tahun 2020 MIN 2 Bogor mulai melakukan gerakan ini. Meskipun terhalang pandemi, tetapi gerakan tersbeut tetap dilakukan meskipun belum maksimal sehingga guru-guru membiasakan gerakan PBLHS kepada siswa melalui daring dengan memberi tugas kepada siswa menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan di rumah mereka. 

Pada tahun 2021 ketika pandemi mulai menurun, gerakan PBLHS di MIN 2 Bogor mulai dilakukan kembali secara maksimal. Rencana-rencana di tahun 2020 yang tertunda, mulai dilaksanakan.

Beberapa gerakan yang dilakukan di MIN 2 Bogor yaitu menginstruksikan siswa untuk membawa tempat makan dan minum sendiri dari rumah untuk membeli jajan di sekolah. Siswa juga membawa tote bag sendiri untuk membeli jajannya agar tidak menggunakan keresek.

Terdapat beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan pada saat materi pembelajaran berlangsung seperti di kelas 5 membuat lubang biopori di sekitar sekolah karena berhubungan dengan materi siklus air.

Diharapkan gerakan ini dapat menjadi kebiasaan yang membudaya baik bagi masyarakat MIN 2 Bogor maupun masyarakat di lingkungan sekitar sekolah.Pembuatan Lubang Biopori